Tentang Kami

Pusat Kajian halal ITB Ahmad Dahlan Jakarta adalah jawaban atas rendahnya Literasi Produk Halal di Indonesia

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal, menyebutkan produk halal adalah barang dan/atau jasa yang terkait dengan makanan, minuman, obat, kosmetik, produk kimiawi, produk biologi, produk rekayasa genetik, serta barang gunaan yang dipakai, digunakan, atau dimanfaatkan oleh masyarakat (muslim dan non muslim).  Konten halal artinya adalah produk yang telah dinyatakan halal sesuai dengan syariat Islam, yang dalam proses produk halal tersebut terkait bahan, pengopenyediaan lahan, penyimpanan, pengemasan, pendistribusian, penjualan, dan penyajian produk. Sehingga perintah makan makanan yang halal dan baik (Surat Al-Baqarah ayat 168-171) dapat kita patuhi dan amalkan.

Permintaan (demand) masyarakat akan produk halal bukan saja berasal dari entitas muslim yang berjumlah 28 persen dari populasi dunia, namun trend menunjukkan permintaan produk halal juga berasal dari kalangan masyarakat non muslim.  Dari sisi penawaran (supply side), produk halal merupakan salah satu aspek keberlanjutan usaha dari sektor produksi.  Sebanyak 1.256.217 perusahaan makan, minuman dan farmasi di Indonesia pada 2014 membutuhkan legalitas halal atas produk yang mereka hasilkan, akan tetapi baru 10.180 (0,81 %) yang telah memperoleh legalitas halal.

Oleh sebab itu, keberadaan Pusat Kajian Halal ITB AD dengan segenap sumberdaya yang ada, merupakan salah satu jawaban strategis yang dapat melakukan kajian, edukasi, pendampingan baik pada sektor konsumen maupun produsen produk halal secara berkelanjutan.

Visi Kami

“Meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui produk/jasa halal yang rahmatan lil alamin secara sustainabel berbasis IPTEK.”

Misi Kami

  • Melakukan kajian dan sosialisasi pentingnya produk halal bagi produsen dan konsumen berbasis sain dan syariah.
  • Mendampingi dunia usaha guna meningkatkan nilai tambah produk halal.
  • Memberikan pemahaman dan melindungi umat Islam dari produk yang tidak halal.
  • Berkontribusi bagi peningkatan ekonomi masyarakat yang majemuk dan berkelanjutan.

Ruang Lingkup

  • Sosialisasi produk halal
  • Konsultasi dan pendampingan dunia usaha produk halal
  • Analisis dan solusi kebijakan
  • Perumusan rencana bisnis produk halal

Tim Kami

Tim kami memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi serta ahli dan berkompetensi di bidangnya masing-masing. Tim Kami beranggotakan akademisi, praktisi, serta pakar atau ahli.

Dr. Nur Aini, Sp., M.Si

Direktur Eksekutif

Amrizal, SE., MM. Ph.D

Dir. Humas

Dr. Pitri Yandri, SE., M.Si

Dir. Riset & Pengembangan

Dr. Mukhaer Pakkanna, SE., MM

Dir. Marketing

Gusneli, SE., M.Si

Dir. Operasional & Kesekretariatan

Mari Bergabung
Bersama Kami

Segala bentuk dukungan dari semua pihak sangat kami butuhkan. Mari bersama kita tingkatkan literasi masyarakat Indonesia tentang produk halal.